Jumat, 24 Februari 2012

Internet dan Pemanfaatannya


Internet berisi website-website (situs web) yang dapat dimiliki oleh semua orang. Lokasi situs web itu sendiri berada di sebuah tempat yang disebut server. Untuk dapat memiliki server, ada 2 cara, yaitu dengan membeli ataupun memperolehnya secara bebas (free). Perbedaannya terletak pada fasilitas yang disediakannya. Situs web yang diperoleh dengan cara membeli, memiliki fasilitas dan keunggulan yang lebih banyak. Sedangkan yang free, fasilitasnya terbatas dan banyak kelemahan. Selain itu, situs web yang tidak bebas biasanya digunakan untuk keperluan profesional, sedangkan situs web yang free digunakan untuk kepentingan pribadi.
Setelah memiliki sebuah situs web, kita dapat membangunnya sesuai keinginan. Oleh karena itu, kita akan menemukan berbagai situs web yang berisi informasi maupun iklan di internet. Namun sayangnya, ada juga pihak yang menyalahgunakannya. Untuk itu, kita harus menjaga etika dan berhati-hati dalam memilih situs.
Kita dapat mengakses situs web di seluruh dunia secara bebas. Namun, ada juga sejumlah situs web yang hanya dapat diakses setelah menjadi anggota. Untuk mengakses situs web, kita harus tahu alamatnya yang disebut domain name.
Internet membantu kita dapat berbagai kegiatan, antara lain : 

     1. Memperoleh Informasi
Kita dapat memperoleh informasi berupa berita maupun informasi bentuk lainnya di internet, mulai dari informasi yang dapat dipercaya, sampai informasi yang tidak dapat dipercaya, seperti fitnah, gosip, hasutan, dan sebagainya.

     2.  Berkirim Surat
Internet menyediakan sebuah fasilitas yang fungsinya sama dengan surat, yaitu e-mail (electronic mail). Jika kita ingin mengirim e-mail kepada seseorang, kita tinggal mengetikkan alamat e-mail orang tersebut, menulis isi pesan, lalu mengklik “send” (kirim). Tak perlu menunggu lama, e-mail yang kita kirim langsung sampai kepada alamat orang yang kita tuju. Dengan e-mail, kita dapat mengirim satu pesan kepada berjuta orang sekaligus di seluruh dunia dengan mudah, cepat, praktis, dan tidak membutuhkan biaya.

     3.  Chatting (Obrolan)
Chatting adalah fasilitas internet untuk mengobrol dengan orang lain dengan bantuan tulisan (mengetik). Kita tinggal mengetikkan pesan kepada lawan bicara, lalu menekan tombol enter. Kemudian, lawan bicara akan membalas pesan kita, lalu kita membalasnya, dan begitu seterusnya.

     4.  Melakukan Transaksi Perdagangan
Kita dapat melakukan transaksi jual beli barang di internet. Saat ini, di internet sudah banyak terdapat toko online. Mereka hanya menyediakan situs web, dan kita tinggal memesan barang atau jasa yang kita inginkan.

     5.  Internet Phone
Dengan internet phone, kita dapat menelepon ke mana saja ke seluruh dunia dengan pulsa lokal. Selain itu, wajah orang yang kita telepon dapat tampil di layar komputer.

     6.  Berdiskusi
Di internet banyak terdapat forum diskusi dengan berbagai tema. Kita dapat memasang topik tertentu, lalu menyampaikan pendapat kita di sana. Beberapa saat kemudian, orang-orang yang tertarik dengan pendapat kita akan menulis komentas balasan.

     7.  Memasang Iklan Baris
Sebagian besar iklan baris di internet bebas, jadi tidak perlu membayar biaya untuk mengiklankan sesuatu. Kita tinggal mengikuti langkah-langkahnya. setelah selesai, iklan langsung dimuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar