Jumat, 24 Februari 2012

Berbagai Aplikasi dari Internet


Aplikasi Internet yang tersedia saat ini sudah banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi Internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi Internet yang ada, yang banyak dikenal dan digunakan, antara lain :

1.      Word Wide Web (WWW)
Word Wide Web merupakan aplikasi yang paling menarik serta sangat penting dan banyak digunakan. Dokumen Web tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan hypertext markup language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen yang lain. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video. Aplikasi ini juga disebut The Killer Application atau the world is at your fingertip, karena kita dapat mendapatkan informasi dengan sangat mudah. Dalam aplikasi ini juga banyak kemudahan, yaitu memesan atau membeli suatu barang secara online. Informasi yang diletakkan di WWW disebut homepage, dan setiap homepage mempunyai alamatnya masing-masing.

2.      Electronic Mail (E-mail)
E-mail merupakan aplikasi internet yang digunakan sebagai alat komunikasi yang paling murah dan cepat, sehingga paling banyak digunakan. Melalui e-mail, kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke internet dengan biaya relatif terjangkau. Konsep e-mail adalah seperti kita mengirim surat pos biasa. Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai ditujuan sangat cepat. Kita juga dapat mengirim file-file seperti program, gambar, grafik, dan sebagainya, dan dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus dalam satu waktu.

3.      Mailing List (Milis)
Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Milis merupakan bentuk lain dari e-mail karena mempunyai sifat yang sama. Setiap e-mail yang dikirim ke alamat milis akan dikirim ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

4.      Newsgroup
Newsgroup adalah forum perbincangan. Newsgroup juga dianggap seperti “Bulletin Board” yang ada di sekolah atau kantor, dimana setiap orang boleh meletakkan artikel-artikel atau pendapatnya serta boleh dilihat dan dibaca oleh semua orang.

5.      Internet Relay Chat (IRC)
IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet (chatting). Chatting dilakukan dengan cara mengetik, kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.

6.      File Transfer Protocol (FTP)
FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah computer lain. FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) file di suatu server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. FTP juga digunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage).

7.      Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses computer yang letaknya jauh. Kita dapat menggunakan telnet jika mempunyai alamat IP dari computer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password).

8.      Gopher
Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi di internet. Namun, informasi yang dicari hanya sebatas teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui gopher, kita harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet.

9.      Ping
Ping merupakan singkatan dari “paket internet gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai sambungan (koneksi) dengan computer lain di internet. Pengecekkan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Melalui aplikasi yang ada di internet, keuntungan yang kita dapatkan, antara lain :
1.      Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini
         diperoleh dengan menggunakan aplikasi E-mail, WWW, Newsgroup, FTP, dan Gopher.
2.      Mengurangi biaya kertas dan distribusi.
3.      Sebagai media promosi. Internet dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengiklankan dan
         menyampaikan profil perusahaan dan produk-produknya.
4.      Sarana komunikasi interaktif. Komunikasi via internet dapat dilakukan dengan menggunakan
         fasilitas e-mail, WWW, Internet Relay Chat, dan Internet Phone.
5.      Sebagai alat Research and Development.
6.      Sarana untuk bertukar data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar